;

Minggu, 01 Juli 2012

Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data

Minggu, 01 Juli 2012



Jaringan Komputer merupakan sistem yang menghubungkan dua atau lebih komputer yang bisa saling menukar data dengan menggunakan media transmisi. Ada dua media transmisi untuk menghubungkan komputer yaitu dengan menggunakan kabel dan tanpa kabel.
1. Jaringan Berkabel (Wired Network) 
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan.Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
Macam-macam tipe kabel untuk jaringan komputer :  

- UTP (Unshielded Twisted Pair)  
- STP (Shielded Twisted Pair)  
- Coaxcial  
- Fiber Optic
Tipe pengkabelan dalam Unshielded Twisted Pair (UTP)  
- Straight
          Kedua Sisi Urutannya adalah :
  1. Putih-Orange
  2. Orange
  3. Putih-Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih-Cokelat
  8. Cokelat
- Crossover
           Pada ujung kabel "A" urutannya sebagai berikut :
  1. Putih-Orange
  2. Orange
  3. Putih-Hijau
  4. Biru
  5. Putih-Biru
  6. Hijau
  7. Putih-Cokelat
  8. Cokelat

          Pada ujung kabel "B" urutannya sebagai berikut :
  1. Putih-Hijau
  2. Hijau
  3. Putih-Orange
  4. Biru
  5. Putih-Biru
  6. Orange
  7. Putih-Cokelat
  8. Cokelat
2. Jaringan nirkabel(Wi-Fi)  
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan


Wi-Fi

Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu komplotan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya
Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

Spesifikasi

Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu:

- 802.11a  
- 802.11b  
- 802.11g  
- 802.11n
Spesifikasi b merupakan produk pertama Wi-Fi. Variasi g dan n merupakan salah satu produk yang memiliki penjualan terbanyak pada 2005.
Spesifikasi Wi-Fi
b
a
Teknologi internet berbasis Wi-Fi dibuat dan dikembangkan sekelompok insinyur Amerika Serikat yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan 802.16. Perangkat Wi-Fi sebenarnya tidak hanya mampu bekerja di jaringan WLAN, tetapi juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN).



TULISAN BERJALAN INI SILAHKAN DIISI DENGAN PESAN ANDA

NAMA ANDA - 07.41
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar